Kenapa harus WordPress

Posted: 10 February 2010 in Uncategorized

mengapa mesti pake wordpress?Bagi yang sudah membaca artikel saya Ayo Bikin Blog di WordPress.com mungkin akan bertanya-tanya dengan ekspresi gundah gulana, “Kenapa mesti pake wordpress?”

Ini adalah pertanyaan yang sama dengan yang saya lontarkan pada guru saya Once Jevuska ketika saya pertama kali diperkenalkan dengan CMS (Content Management System) bernama wordpress itu.

Seringkali orang melihat sebuah blog/situs dari penampakan luarnya saja : template-nya keren, widget-nya oke, warna-warninya mantap, dan sebagainya, padahal tujuan dari sebuah blog adalah supaya blog kita dikunjungi dan dibaca orang. Bagaimana orang-orang bisa menemukan blog kita? Salah satu cara mereka menemukan blog kita adalah lewat mesin pencari. Artinya, kalo blog kita artikelnya banyak yang terindeks oleh mesin pencari maka kemungkinan besar blog kita akan ramai dikunjungi orang.

Nah itulah yang ditawarkan oleh wordpress. Secara simpelnya bisa kita sebut : WordPress membuat blog kita lebih cepat diindeks oleh mesin pencari!

Kenapa bisa begitu? Apakah WordPress menggunakan semacam minyak tradisional yang kalo dioleskan ke mesin pencari bisa membuat mesin pencari langsung menuruti perintah si WordPress?

Hampir seperti itu! Walaupun WordPress tidak pake minyak-minyakan untuk mempengaruhi mesin pencari, tapi WordPress pake beberapa fasilitas di antaranya :

– Versi Terbaru WordPress Dirilis Secara Kontinyu

WordPress memiliki versi-versi, perumpamaannya sama dengan hape : ada Nokia E71 disusul kemudian Nokia E72 dan akhirnya Nokia Eee..nda mampu beli lagi..

Sekarang versi wordpress yang terbaru adalah WordPress 2.9.1 dan saya pikir nda lama lagi akan segera keluar versi barunya. Upgrade versi tidaklah berbayar. WordPress tidak pernah memungut bayaran bahkan untuk upgrading versi WordPress terbaru yang notabene proses ini sangat berguna untuk meningkatkan performa blog kita. Jadi tolong cuekin saja kalo besok ada orang datang ke rumah minta duit sambil ngaku-ngaku sebagai pegawai WordPress bagian Penagihan Pembayaran Upgrading!

– Automatic Update Service

Kalo kamu menulis artikel di blog berbasis WordPress, kamu bakal sangat dimudahkan dengan fasilitas yang satu ini. Automatic Update Service adalah fasilitas dimana setiap kali kamu membuat postingan maka WordPress secara otomatis akan melakukan “PING” ke sejumlah situs-situs penyedia layanan update service.

Ilustrasi simpelnya kayak gini. Kamu menulis artikelnya dan si WordPress akan berteriak-teriak mengumumkan pada dunia bahwa kamu baru saja menulis artikel itu. Dan semuanya dilakukan si WordPress dengan penuh nuansa keikhlasan tanpa perlu menunggu perintah kamu! Otomatis, bo’!

Hai Kawan, sesunggunya tanpa WordPress kamu butuh waktu yang relatif lebih lama untuk menempati posisi yang bagus untuk target keyword yang kamu incar. Jadi kesimpulannya, WordPress sangat baik dalam hal SEO (Search Engine Optimization).

Bingung? Kalo bingung, sebaiknya kamu tidur saja. Kayaknya kamu sudah terlalu lelah, kamu butuh istrahat. Jangan lupa cuci kaki dan berdoa ya.

– Kekuatan Sesuatu Bernama : Plugins

WordPress punya segudang plugin yang bisa kamu pake secara gratis yang terus diupdate secara berkala.

Apa itu plugin? Pertanyaan yang bagus, walaupun sangat terduga.

Plugin adalah semacam aplikasi yang bisa diinstal untuk tujuan-tujuan spesifik. Misalnya ada plugin yang kalo diinstal di blog kita maka blog kita akan jadi lebih cepat loading-nya. Ada plugin yang fungsinya untuk membantu blog kita diindeks lebih cepat oleh mesin pencari. Dan plugin-plugin lainnya.

Plugin ini adalah hal yang paling menarik dari WordPress menurut saya. Plugin bisa sangat membantu performa sebuah blog. Plugin bahkan bisa menyulap blog biasa menjadi persis sebuah situs toko online!

Insya Allah nanti saya akan menulis lebih jauh tentang plugin-plugin wordpress yang sering saya pake dan sudah terbukti kehandalannya. Pasti akan menarik sekali.

Masih ada beberapa keunggulan wordpress yang lainnnya yang lebih teknis dan spesifik. Saya rasa cukup tiga hal di atas saja sudah super duper mantap untuk mendongkrak kinerja blog kita.

Udahlah, pake WordPress sajalah!

dikutip dari http://www.elvinmiradi.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s