Bagaimana mengatasi kesulitan dalam menulis bahasa inggris

Posted: 20 February 2010 in Uncategorized

Dalam paid review program, untuk memasuki pasar internasional tentu saja kita membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup mumpuni. Beruntung sekali sampai saat tulisan ini saya buat, internet masih lebih banyak menggunakan tulisan dibanding lisan. Jadi kita cuma perlu menguasai bahasa Inggris secara pasif. Mungkin suatu hari nanti semuanya akan berbentuk webcam jadi kita harus ngomong sama bule yang mau beli artikel di blog kita. Tidak usah khawatir, itu urusan anak-anak kita nanti.

Saat ini saya melihat begitu banyak blogger pemula yang menyesal kenapa dulu waktu SMP mereka nda serius belajar bahasa Inggris. Memandang mereka yang sedang sibuk menyesal kadang menyayat hati saya. Tapi memang, apa yang dikatakan guru bahasa Inggris kita dulu : “Menyesal kau nanti kalo goblok bahasa Inggris! Susah ngeblog kau nanti!” saya rasa ada benarnya juga.

Saya sarankan bagi kamu yang merasa sangat minim dalam keterampilan menulis bahasa Inggris silahkan menyesali diri kamu sekarang. Lepaskan semua rasa sesal itu dari dadamu, kawan. Biarkan penyesalan itu habis tak tersisa dari sekarang sebelum kita masuk ke solusinya.

Ayo, sesali diri kamu sekarang! Saya tunggu.

Kok diam? Ayo menyesal!!!

Payah! Ayo, lebih sesal lagi!

Oke, saya rasa penyesalan kamu sudah habis total. Mari kita temukan solusinya sekarang! Yuuuuu’…

Sebenarnya semua masalah di dunia ini ada solusinya. Termasuk ketidakbisaan kamu nulis artikel bahasa Inggris itu tadi. Tenang sajalah, Elvin Miradi siap membantu!

Ada dua cara yang selalu saya sarankan buat teman-teman yang bahasa Inggris-nya hancur lebur :

1. Nulis sendiri

2. Nda Nulis sendiri

Wah, konyol sekali pembagian di atas ya? Saya ulang saja :

1. Metode menulis dengan bantuan software

2. Metode menulis dengan bantuan penulis bayangan (ghostwriter)

Metode menulis dengan bantuan software

Kita tinggal copy artikel dari sumber-sumber yang legal, biasanya situs artikel submission, dan kita paste di dalam sebuah program/software pengeditan artikel. Simpel sekali.

Ada banyak software di internet yang bisa kamu pake untuk mengedit artikel berbahasa Inggris. Satu yang paling saya sarankan adalah WordFlood. Saya membeli WordFlood 2.0 versi unlimited-nya seharga $37 di sini. Kalo kamu nda mau beli silahkan download saja WordFlood versi 1.2 secara gratis di sini. Tertarik?

(Sudah bahasa Inggris-nya hancur, mau download gratisan lagi… Bikin malu saja..)

Oke kita lanjut ya.

Menulis dengan bantuan penulis bayangan (ghostwriter)

“Hanya bayangan

Ada di depanku

Ingin kulalui

Namun aku tak berdayaaaa!”

(U camp band. Judul : Bayangan. Medio 90-an)

Saya yakin kamu masih ingat dengan lirik lagu di atas. Beberapa dari kamu mungkin ikut bernyanyi bersama tulisan saya. Percayalah, lirik lagu itu kurang lebih tidak ada hubungannya dengan apa yang akan saya jelaskan nanti.

Penulis bayangan atau ghostwriter adalah penulis yang dalam dunia internet dewasa ini sering disebut dengan istilah ghoswriter atau penulis bayangan. Penulis bayangan atau ghoswriter adalah penulis lepas yang menjual jasa penulisannya dan melegalkan hak cipta terhadap tulisannya itu. Maksudnya, kita bayar si penulis bayangan (ghostwriter) untuk nulis buat kita, trus dia nulis dan hasil tulisannya nanti bisa kita pake buat apapun : posting di blog kita, paid review atau bahkan dijual lagi ke orang lain. Perlu diingat, istilah ghostwriter di sini maksudnya bukan penulis setan ya, tapi penulis bayangan.

Di mana kita bisa menemukan Ghoswriter?

Tidak seperti setan kebun yang kebanyakan nongkrongnya di kebun belakang rumah, ghostwriter ini tidak bisa kita temukan di kebun tersebut. Penulis semacam ini kebanyakan nongkrong di forum-forum webmaster seperti Digital Point, V7n forums dan SitePoint. Tapi kamu harus hati-hati dengan writer-writer yang nyari job di forum karena tidak semua dari mereka adalah orang bule. Sangat banyak bule gadungan di sana. Bule India, bule Hongkong bahkan bule asal Bandung pun ada. Hati-hati, seringkali kemampuan menulis bahasa Inggris mereka tidak lebih baik dari kamu.

Cara yang lebih bagus adalah dengan mencari penulis di situs-situs penyedia jasa penulisan. Dua situs yang sering saya pake jasanya adalah Elance dan Articles Trade. Kedua situs ini melakukan seleksi super ketat terhadap para penulis yang mendaftar pekerjaan di situs mereka sehingga kamu tidak lagi dipusingkan dengan tulisan yang tidak bermutu. Kamu tinggal pesan, bayar dan tau beres! Itulah inti bisnis online. Bukan kerja keras, tapi kerja cerdas!

Saya rasa cukup sekian tentang bagaimana mengakali skill bahasa Inggris kamu yang empot-empotan agar bisa menjadi jawara di paid review program. Semoga berhasil, kawan!

dikutip dari :http://www.elvinmiradi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s